UP – 5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italia

2 weeks ago 0 Comments 40 views

Seperti telah diketahui, bahwa kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, telah pensiun dari timnas Italia. Buffon memutuskan pensiun setelah gagal membawa Italia lolos ke Piala Dunia Rusia 2018. Usianya yang sudah 40 tahun juga menjadi salah satu alasan lainnya, Buffon ingin memberikan kesempatan kepada kiper-kiper muda Italia untuk unjuk gigi di level tim nasional.

Kehadiran Gianluigi Donnarumma yang bersinar di AC Milan dalam beberapa tahun terakhir membuat publik sepakbola Italia seolah sudah menemukan pengganti yang pas untuk Buffon. Terbukti begitu Buffon resmi pensiun, posisi penjaga gawang timnas Italia jatuh ke tangan Donnarumma. 

Namun sebenarnya di luar nama Donnarumma, Italia mempunyai banyak kiper muda penuh bakat yang juga layak mengisi pos yang ditinggalkan Buffon. Beberapa di antara mereka bahkan sudah mendapatkan kepercayaan menjadi kiper utama di klub masing-masing.

Jika penampilan mereka terus menanjak, bukan tak mungkin posisi Donnarumma sebagai penerus utama Gianluigi Buffon bisa terancam. Berikut ini nama beberapa kiper muda berbakat tersebut.

1. Alex Meret – Napoli

5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italia365newsx.com

Pemuda berusia 21 tahun ini merupakan jebolan akademi sepakbola Udinese, nama Alex Meret mulai dikenal ketika ia berhasil membawa negaranya menjadi runner-up Piala Eropa U-19 tahun 2016.

Penyelamatan-penyelamatan gemilangnya berhasil mencuri perhatian pubilik sepakbola Italia, dan Meret mulai digadang-gadang sebagai salah satu calon kiper penerus Gianluigi Buffon.

Namun sayang, kariernya di Udinese kala itu tak berjalan mulus, Meret kalah bersaing dengan Orestis Karnezis untuk menjadi kiper utama Udinese. Meret kemudian memutuskan pindah ke klub Serie B SPAL dengan status pinjaman. Sebuah keputusan yang tepat, karena di SPAL lah Meret berhasil menunjukan kualitasnya dengan berhasil membawa SPAL promosi ke Serie A setelah menanti 49 tahun lamanya.

Meret yang kini bermain untuk Napoli dikenal memiliki refleks yang cepat dan konsentrasi yang bagus ketika bertanding. Jika ia diberi lebih banyak kesempatan bermain, bukan tak mungkin Meret akan menjadi pesaing utama Gianluigi Donnarumma.

2. Mattia Perin – Juventus

5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italiagoal.com

Kiper binaan akademi sepakbola Genoa ini merupakan kiper muda pertama yang mendapat julukan sebagai The Next Buffon. Mattia Perin sudah dipercaya menjadi kiper utama Genoa sejak usia muda. 

Potensi besar yang dimiliki Perin membuat Juventus tertarik, dan di awal musim ini Perin diboyong Juventus sebesar 15 juta euro untuk menjadi pesaing Wojciech Szczesny memperebutkan posisi penjaga gawang Juve yang ditinggalkan Gianluigi Buffon.

Ketenangan dan penempatan posisi yang bagus menjadi kelebihan utama Mattia Perin. Jika ia bisa terus fit dan diberi kesempatan bermain lebih banyak, maka mantan kapten Genoa ini siap menjadi kiper papan atas Italia.

Baca Juga: Mino Raiola Ingin Batalkan Kontrak Donnarumma dengan AC Milan

3. Alessandro Plizzari- AC Milan

5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italiasempremilan.com

Kiper berusia 18 tahun ini merupakan binaan akademi sepakbola AC Milan, talenta Plizzari di nilai tak kalah hebat dibanding rekan seangkatannya yang kini telah menjadi kiper utama Milan, Gianluigi Donnarumma.

Semenjak Donnarumma naik kelas, Plizzari menjadi kiper utama tim junior Milan. Bakat besar Plizzari mulai terlihat ketika ia membantu Italia U-20 meraih peringkat ketiga di Piala Dunia U-20 tahun 2017 di Korea Selatan.

Pada tahun 2017 Plizzari masuk dalam daftar 60 pemain muda potensial dunia versi The Guardian, yang menarik bintang muda Indonesia Egy Maulana Vikri juga masuk dalam daftar tersebut.

4. Emil Audero – Sampdoria

5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italiagoal.com

Salah satu kiper yang membuat kejutan musim ini di Serie A, Audero mampu menampilkan performa yang gemilang di bawah mistar gawang Sampdoria. Dipinjam dari Juventus, kiper berusia 21 tahun ini menjadi sosok penting yang membuat lini pertahanan Sampdoria menjadi salah satu yang terbaik di Serie A musim ini.

Pada bulan Oktober kemarin Opta menobatkan Audero sebagai kiper terbaik di lima liga top Eropa, berdasarkan persentase penyelamatan yang dibuatnya. Audero berada di atas kiper-kiper top seperti Hugo Lloris, Alisson Becker dan juga idolanya Gianluigi Buffon. 

Penampilan apik nan konsisten dari Audero membuatnya dipanggil untuk mengisi skuat Italia U-21. Kiper yang mempunyai darah Indonesia dari ayahnya ini juga sempat dipuji Buffon sebagai salah satu penerusnya di Timnas Italia.

5. Simone Scuffet – Udinese

5 Kiper Muda Ini Bisa Mengancam Posisi Donnarumma di Timnas Italiathelaziali.com

Kiper binaan akademi sepakbola Udinese ini sempat mencuri perhatian kala menjadi kiper utama Udinese diusia 17 tahun pada musim 2013/2014. Performa Scuffet ketika itu membuatnya disebut mirip dengan Gianluigi Buffon kala muda.

Sempat mengalami penurunan performa sehingga dipinjamkan ke Como pada musim 2015/2016, kini Scuffet telah bangkit lagi bersama Udinese. Ketenangan dan kemampuan shot stoppingnya menjadi kelebihan utama dari seorang Simone Scuffet. 

Itulah beberapa nama kiper berbakat yang bisa menjadi saingan Gianluigi Donnarumma di timnas Italia, ada yang pernah lihat aksi-aksi penyelamatan mereka?

Baca Juga: 5 Generasi Masa Depan yang Dimiliki Timnas Italia

Source From:https://www.idntimes.com/sport/soccer/ranggana/5-kiper-muda-ini-bisa-mengancam-posisi-donnarumma-di-timnas-italia-c1c2-1

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi