UP – 3 Perangkat Wearable Ini Banyak Diminati Karena Fungsi yang Unik

12 months ago 0 Comments 108 views

Wereable Canggih (1)

Semenjak awalnya muncul perangkat wearable sudah banyak yang mengadopsi nya seperti pada smartwatch, smartband, dan fitness tracker. Sekarang kamu sudah bisa mendapatkan banyak fungsi dari wearable, tidak hanya pada perangkat hiburan saja.

Banyak produsen teknologi yang telah memanfaatkan wearable diberbagai bidang, seperti pada edukasi, manufaktur, hingga dunia kesehatan. Misalkan pada kaca mata pintar dari Snap inc, pembesut Snapchat, dan sleep tracker sebagai pemantau aktivitas tidur.

Kali ini Dafunda Tekno akan memberikan tiga wearable pilihan yang banyak diminati orang karena bentuk dan fungsi yang unik.

3 Wearable Banyak Diminati dengan Fungsi yang Unik

1Tato Pemantau Kesehatan Manusia




Jangan salah ya, wearable ini bukan tato beneran seperti kamu bayangkan. Namun tato disini adalah seperti kulit elektrik yang hampir menyerupai seperti tato. Kulit tersebut terbuat dari jala yang berukuran nano bisa dibilang sangat tipis dan ringan.

Fungsi dari wearable ini adalah untuk menyelidiki fisiologis dan psikologis penggunanya dalam waktu jangka panjang. Kulit tersebut sudah dilengkapi sensor yang bisa merekam segala aktivitas otot serta mengurangi rasa ketidak nyamanan para pengguna.

Wearable ini tengah dikembangkan oleh anggota peneliti dari Universitas Tokyo, Jepang. kulit tato ini juga bisa mendeteksi sentuhan serta suhu dan tekanan.

2Moxo Pendeteksi Emosi




Fungsi dari wearable ini mungkin terbilang sangat unik, dimana dapat mendeteksi perasaan emosi, stres, frustasi, dan tingkat kebosanan. Cara kerja Moxo ini dengan melakukan pengukutan berdasarkan konsuktansi (perubahan energi listrik) sekitaran kulit untuk dapat mendeteksi emosi penggunanya.

Moxo dibuat oleh MIT Media Lab atau mPath, startup berbasis di Colorado, Amerika Serikat. Alat ini bekerja dengan sepasang kacamata (eyetracking) atau kamera GoPro.

Pengembangnya mengatakan pengukuran yang dilakukan adalah sebagai emototype, atau disebut dengan proses melacak perubahan gairah fisiologis dengan sistem saraf simpatik pengguna.

Disamping mendeteksi perasaan, Moxo ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan edukasi. Seperti mengecek pada seorang anak yang mengalami kesulitan konsentrasi saat membaca buku.

3Stiker Pintar Membantu Mencegah Pelecehan Seksual




Apakah sebuah stiker mampu mengatasi aksi pelecehan seksual? bisa jadi mungkin. Stiker ini bernama Interpid yang mampu mendeteksi aksi jahat tersebut. Cara menggunakannya dengan menyematkan pada pakaian wanita, seperti pada bra.

Pengembang perangkat ini adalah peneliti berasal dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Manisha Mohan. Alat Interpid ini akan terhubung dengan smartphone yang memuat lima kontak yang bisa dihubungi saat ada indikasi pelecehan seksual.

Misalkan korban pingsan dan pelaku membuka pakaian yang sudah disematkan stiker tersebut, maka Interpid akan aktif dan mengirimkan pesan kepada lima kontak yang sudah dimasukkan kedalam aplikasi tersebut.

Misalnya, saat pakaian si pengguna pingsan dan seseorang membuka pakaian pengguna dengan paksa, Interpid akan aktif dan mengirimkan pesan kepada lima kontak yang sudah didaftarkan pada aplikasi.

Source From:https://dafunda.com/tekno/perangkat-wearable-banyak-diminati/

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi