Tips Mudik : Cara Aman Menyalip Truk dan Kontainer di Jalanan

6 months ago 0 Comments 7,783 views
Tips Mudik: Cara Aman Menyalip Truk dan Kontainer di Jalanan

Banyaknya truk dan kontainer yang beraktivitas ketika mudik Lebaran bisa mengganggu pengemudian, hingga menimbulkan kecelakaan. Hendaknya Anda harus memahami cara menyalip truk dan kontainer di jalan.

Kecelakaan sekecil apa pun di jalan yang dilalui truk dapat memulai rangkaian kecelakaan yang bisa saja berakhir dengan bencana besar. Tingginya angka kecelakaan yang disebabkan oleh truk dan kontainer seringkali terjadi karena kurangnya pengetahuan untuk menyalip truk dan kontainer. Berikut beberapa tips dan cara yang aman dari Mobilmo ketika Anda hendak menyalip truk dan kontainer

 

1. Jaga diri Anda

Anda harus selalu waspada terhadap keadaan disekitar dan menghindari perilaku yang tidak menentu saat mengendarai kendaraan. Jika Anda melihat truk membuat manuver aneh atau tiba-tiba, jaga jarak, ini bisa menunjukkan kegagalan fungsi peralatan, hambatan di jalan, atau pengemudi mabuk.

a8

Selalu jaga diri dan jangan terlalu dekat dengan truk

Waspadai perilaku buruk pengemudi lain di dekat truk besar. Ketika seorang sopir truk dipaksa untuk mengambil manuver menghindar secara tiba-tiba, ia dapat dengan mudah menekuk dan menyebabkan kecelakaan serius bagi kendaraan di belakangnya.

 

2. Keluar dari area tidak terlihat (blind spot)

Ketika truk berputar atau berpindah jalur, truk dapat dengan mudah menghancurkan mobil yang berada di area tidak terlihat. Para pengemudi truk dilatih untuk mengawasi kendaraan yang memasuki titik-titik buta mereka, dan pengemudi yang berpengalaman tahu bagaimana mengantisipasi ketika kendaraan lain mungkin telah memasuki titik buta meskipun mereka tidak dapat melihat semua bagian truk.

b8Perhatikan titik blind spot pengemudi truk

Namun, Anda tidak ingin bergantung pada pelatihan dan pengalaman itu. Seorang pengemudi truk yang tidak terampil, mabuk, atau perhatian yang teralihkan dapat dengan mudah membuat kesalahan, merugikan Anda seumur hidup. Bagaimana Anda tahu jika Anda berada pada area tidak terlihat? Jika Anda tidak dapat melihat pengemudi melalui jendela atau  spion, maka Anda berada di titik buta pengemudi.

 

3. Perhatikan belokan yang lebar

c5Perhatikan setiap belokan ketika menikung

Ketika truk berayun ke kiri mengambil dua lajur lalu lintas sebelum berbelok ke kanan, pengemudi truk melakukannya karena itu sebuah keharusan, bukan bermaksud untuk mengganggu pengemudi lain. Dalam prosesnya, mereka menciptakan dan membuka ruang ke kiri mereka agar dapat berbelok dengan baik. Jangan mencoba untuk menerobos jalanan yang sudah terbuka lebar yang berada didepan Anda. Jika mendapatkan momen yang tidak baik, Anda bisa terjepit dan menabrak truk atau kontainer yang hendak Anda dahului.

 

4. Pastikan ruang yang tersedia ketika hendak mendahului

d6Perhatikan ruang ketika Anda akan menyelip truk

Ketika hendak menyalip atau melalui truk dan kontainer pastikan jalan didepan Anda terbuka lebar. Truk dan kontainer memerlukan banyak waktu dan jarak untuk dapat berhenti atau melakukan pengereman. Jika Anda hendak menyalip atau melewati truk dan kontainer pastikan setelah melaluinya ada ruang pada jalan untuk kembali pada jalur Anda.

 

5. Berikan sinyal dengan klakson dan lampu sen sebelum menyalip

mobil-5Selalu beri tanda, seperti lampu sein, ketika akan mendahului

Sebisa mungkin berikan sinyal sebelum Anda menyalip truk dan kontainer. Ini bertujuan agar pengemudi truk dan kontainer dapat mengetahui bahwa Anda hendak mendahului. Dalam jalur yang berlawanan dengan Anda, ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda hendak memakai jalur kendaraan lain untuk sementara waktu sebelum kembali ke jalur Anda.

Demikian beberapa cara yang aman untuk dapat menyalip truk dan kontainer. Dengan menerapkan beberapa tips diatas, semoga dapat menghindarkan Anda dari kecelakaan dan musibah. Yang terpenting, perhatikan tips berkendara lainnya serta selalu utamakan keselamatan dan berkendara dengan hati-hati kemanapun Anda pulang kampung pada Lebaran kali ini.

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi