Heboh, Tim Tigers Kalah Dari Cheater di Battle Cup Dota 2

2 months ago 0 Comments 2,221 views

Keberadaan Cheater dalam sebuah game online sudah seharusnya tidak ditoleransi oleh pihak developer maupun pemain. Eksistensi mereka dianggap merusak kenyamanan permainan itu sendiri, dimana sikap mereka dalam menghalalkan segala cara untuk menang merupakan masalah besar bagi para player lainnya yang mencari “fair match”. Biasanya para developer akan memberikan hukuman ban permanen untuk akun-akun yang kedapatan bermain dengan cheat/hack. Dalam hal itu, keberadaan cheater bisa dibilang lebih parah dari “Toxic Player”, yang biasanya hanya diberi peringatan jika masih dalam batas wajar oleh developer terkait.

Cheater

Selain itu, lain ceritanya jika cheating dilakukan di match-match penting atau professional. Pada pemain esports profesional bisa mendapatkan larangan bermain seumur hidup atau dikeluarkan secara tidak terhormat dari dalam tim/organisasi esportsnya. Nah, apa yang dilakukan 1 tim Dota 2 dalam melakoni Battle Cup beberapa hari lalu ini mungkin bisa memberikan sanksi yang sebanding dengan contoh-contoh di atas.

Cheater

Kejadian bermula ketika tim Tigers (sebelumnya TNC Tigers, “saudara” dari tim TNC Pro Team) yang diperkuat dua pemain Indonesia yaitu Muhammad “InYourDream” Rizky dan Kenny “Xepher” Deo ini bertemu dengan 1 tim amatir yang diperkuat dengan pemain-pemain mid tier Legend melalui turnamen Battle Cup mingguan yang bisa diakses oleh pelanggan Dota Plus. Secara mengejutkan, Tigers kalah melawan tim tersebut melalui match berdurasi satu jam.

Banyak yang mencemooh tim yang baru terbentuk kembali tersebut, ada pula yang memberikan pembelaan dengan alasan tim mereka baru kedatangan 2 pemain baru (Lai Jay “Ahjit” Son dan David “Moonmeander” Tan) dan belum memiliki sinkronisasi satu sama lain. Namun tidak dengan salah satu user Reddit yang memiliki alias zdonfrank90. Nampaknya user tersebut memiliki kecurigaan dengan musuh tim Tigers tersebut, dan memberikan topik debat yang cukup hangat pada komunitas Dota 2 di Reddit.

Cheater

Dia membuat klaim bahwa tim lawan Tigers tersebut melakukan cheat dengan cara map hack atau vision hack. Hal itu disimpulkan setelah zdonfrank90 mengamati match tersebut dan mendapati bahwa tim lawan Tigers bisa mengetahui secara tepat peletakan ward-ward yang ditaruh oleh tim Tigers. Tidak semua ward Tigers mereka hancurkan demi menghindari kemungkinan curiga dari orang-orang yang melihat. Namun gerak gerik dan tingkah mereka membuat mereka terkesan mengetahui peletakan ward-ward Tigers. Bahkan, mereka sering sengaja memancing tim Tigers untuk terjun ke war dan memberi mereka asumsi bahwa mereka tidak mengetahui posisi ward-ward yang diletakkan oleh tim Tigers.

 

Sontak, banyak yang memberikan persetujuan atas pernyataan user tersebut. Untungnya hal tersebut tidak terjadi di area yang lebih serius seperti kualifikasi turnamen Major dan hanya di Battle Cup. Namun tetap saja itu merupakan pelanggaran serius dan berhasil menarik perhatian cukup banyak peminat Dota 2, khususnya di region SEA. Saat ini belum ada tanggapan dari Valve (yang kemungkinan besar sudah mengetahui skandal tersebut), tapi semoga saja Valve akan memberikan hukuman pantas pada pemain-pemain Cheater tersebut dan lebih memperhatikan keamanan game mereka dari para Cheater.

Baca Juga : Teamnxl> Keluarkan Empat Pemain Utamanya

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi