Tim Bot Open AI Five Kalahkan Tim Manusia pada Laga Uji Coba

4 months ago 0 Comments 2,257 views

Sesuai dengan janjinya bulan Juli lalu, tim Open AI akhirnya mengadakan showmatch yang diusung sebagai test benchmark dari bot Open AI Five, kreasi Artificial Intelligence terbaru mereka. Pertama kali dikenalkan beberapa waktu lalu, tim Bot Open AI Five merupakan tim berisikan 5 bot yang identik dengan Open AI 1v1 yang dikenalkan tahun lalu di ajang The International 2017. Singkatnya, Open AI Five adalah versi tim lengkap dari bot Open AI, yang kemungkinan besar akan kembali dipamerkan pada event The International 2018.

Tim Bot

Oleh karena itu, showmatch tersebut akan digunakan sebagai kesempatan untuk “pemanasan” bagi Open AI Five. Sehari sebelum benchmark showmatch nya berlangsung, lawan mereka pun diumumkan: tim “Humans” yang terdiri dari jajaran caster-caster kondang di dunia Dota 2 seperti Austin “Capitalist” Walsh, Ben “Merlini” Wu, Ioannis “Fogged” Loucas, William “Blitz” Lee, dan mantan offlaner tim OG dan Digital Chaos, David “MoonMeander” Tan. Showcase match akan berlangsung dalam format Best Of 3. Match tersebut juga dikomentari oleh duo caster Owen “ODPixel” Davies dan Kevin “Purge” Godec.

 

Memasuki match pertama, bot Open AI Five langsung menunjukkan dominasinya. Mereka membuat tim Humans kocar-kacir dengan permainan super agresif dimana duo support mereka sangat rajin berpindah-pindah map melakukan early gank pada hero-hero tim human. Skor kill pun menjadi timpang ke arah tim Open AI Five, dimana tim Humans sama sekali tidak berkutik melawan gaya bermain Open AI Five yang agresif tersebut. Terlebih, banyak sekali kesalahan miskomunikasi dari ketidaksinergian yang ditunjukkan oleh tim Humans, dan hal tersebut dieksploitasi tanpa ampun oleh tim Bot Open AI Five. GG call pun diberikan oleh tim Humans saat match baru berjalan sepanjang 21 menit.

Match kedua secara garis besar tidak jauh berbeda dengan match pertama. Mengambil komposisi hero yang tidak jauh berbeda dengan match pertama, bot Open AI Five tetap mengambil gaya bermain yang sama agresifnya dengan match pertama. Strategi tersebut terbukti sangat ampuh melawan tim Humans, yang masih kesusahan mengantisipasi gaya bermain tersebut. Walaupun menunjukkan perlawanan yang lebih sengit daripada match pertama, tim Humans tetap harus takluk di tangan Open AI Five pada match kedua. Kumpulan Highlight kedua match bisa dilihat pada video di atas (sumber dari channel youtube Noobfromua)

 

Walaupun secara teknis kalah dengan skor 2-0, namun tim Open AI memberikan kesempatan pada tim Humans untuk bertanding sekali lagi dengan Open AI Five dengan 1 handicap: hero Open AI akan ditentukan oleh penonton, baik yang hadir di tempat showmatch berlangsung maupun yang melihat secara live melalui Twitch. Dan dengan roster yang “berantakan”, tim Bot Open AI Five pun akhirnya kalah dari tim Humans. Walaupun di awal match mereka menunjukkan dominasi yang sama dengan gaya bermain super agresif, namun menjelang pertengahan hingga akhir game permainan Open AI Five mulai terlihat kacau, seakan-akan kehilangan arah dan tujuan, sehingga tim Humans berhasil memanfaatkan hal tersebut dalam meraih kemenangan, walaupun memberikan waktu yang sedikit lama karena perlawan sengit dari tim Open AI Five yang pantang menyerah.  

Secara keseluruhan, tim Open AI Five masih tetap meraih kemenangan dengan skor 2-1 dalam showmatch tersebut. Walaupun mungkin masih banyak kekurangan seperti penempatan ward yang sedikit kurang teratur, kurangnya variasi hero pool dan lain-lain, namun tim Bot Open AI Five berhasil menunjukkan potensi mereka yang luar biasa. Tim yang mereka hadapi memang bukan tim pro top, namun terdiri dari figur-figur terkenal di dunia Dota 2, dan fakta bahwa Open AI Five bisa membuat mereka tidak berkutik di 2 match pertama adalah suatu pencapaian yang luar biasa. Entah bagaimana performa yang akan mereka tunjukkan saat TI 8 berlangsung nanti. Kita nantikan saja!!

Baca Juga : Kerjasama dengan Alisports, UniPin Gelar Kompetisi eSports Internasional Di Indonesia

 

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi