UPstation.id – The Alchemist Code: Game Dan Sinkronisasi Musik

4 months ago 0 Comments 2,259 views

Berbicara mengenai game, begitu banyak aspek yang dapat membuat seorang gamer jatuh cinta atau malah membenci game itu sendiri. Mulai dari penampakan visual, gameplay, mekanisme bermain hingga plot cerita yang disajikan. Semua elemen tersebut dipadupadankan dengen sedemikian rupa hingga terciptalah sebuah game yang diharapkan dapat dinikmati banyak orang. Banyak yang berhasil, dan banyak yang tidak. Semua kembali lagi kepada sang developer dalam meracik semua elemen tersebut.

Namun, semua elemen tersebut tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran musik yang menemani gamer menjelajahi sebuah game. Ia hadir bukan hanya sebagai pelengkap, namun menjadi elemen yang dapat membuat gamer semakin betah di game. Bahkan tidak sedikit yang memuja-muja soundtrack sebuah game, karena selain keren, ia dapat dengan baik menggambarkan suasana sebuah adegan atau karakter yang ditampilkan.

UPstation.id - The Alchemist Code: Game Dan Sinkronisasi Musik

Pertanyaannya, bagaimana sang musik komposer dapat meracik musik yang senada dengan game yang disajikan? Sebuah video interview antara komposer musik Jepang yang karyanya cukup dikenali, Yoko Shimomura, dan sound director dari The Alchemist Code, Shinya Tanaka, membagikan pengalamannya.

Yoko Shimamura sendiri bukanlah orang baru di dunia komposer musik game Jepang, dimana ia telah menghabiskan 30 tahun waktunya untuk bekecipung di dunia tersebut. Beberapa karyanya yang cukup terkenal, meliputi soundtrack game dari Street Fighter 2, Final Fantasy XV Original Soundtrack, Kingsglaive Final Fantasy Soundtrack, dan yang paling baru, The Alchemist Code Soundtrack.

Di video tersebut, dijelaskan bagaimana proses seorang komposer musik meracik sebuah musik yang kemudian menjadi soundtrack dari sebuah game. Uniknya, pada awal ia menerima pekerjaan di proyek game The Alchemist Code, ia hanya diminta membuat sebanyak 1 hingga 2 soundtrack saja. Namun setelah ia men-submit karyanya, ia langsung diminta untuk membuat sebanyak 20 soundtrack untuk game tersebut. Untuk interview lengkapnya, bisa kamu saksikan di video di bawah ini:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi