Reza Arap vs Ericko Lim, Siapa Sebenarnya Yang Salah?

2 months ago 0 Comments 962 views

Masih terdengar hangat di jagat maya mengenai salah satu Youtuber Gaming asal Indonesia yaitu Reza Arap, yang secara mengejutkan menghapus channel Youtube miliknya secara tiba-tiba. Padahal jika diperhatikan, channel Youtube miliknya terbilang sangat besar dengan jumlah subscriber yang telah mencapai angka lebih dari 2 juta, serta disebut-sebut sebagai Youtuber Gaming pertama di Indonesia yang memiliki jumlah subscriber terbanyak saat ini.

Tentu saja, banyak yang bertanya-tanya alasan dibalik aksi yang dilakukan oleh Reza. Hingga akhirnya salah satu Youtuber Gaming Indonesia lainnya, Ericko Lim, angkat bicara terkait masalah ini, lewat sebuah video Youtube yang di unggah melalui channel milik Michael Souw.

Reza Arap Tutup Channel Youtube, Ericko Lim Berikan Klarifikasi Lewat Video
Ericko Lim memberikan klarifikasi terkait masalahnya dengan Reza Arap.

Menurutnya, masalah yang berakhir pada penghapusan channel Youtube tersebut dipicu oleh Ericko yang menghubungi Reza via DM Instagram. Ia meminta bantuan Reza untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan video Youtube Rewind Gaming yang ingin Ericko buat. Tak main-main, Ericko bahkan menawarkan Reza untuk tampil pada bagian pembukaan video.

Namun sayangnya, permintaan Ericko tersebut ditolak oleh Reza dengan respon yang terdengar kurang menyenangkan. Masalah menjadi memanas ketika Ericko mengupload sebuah video yang kini telah dihapus. Dalam video tersebut Ericko sempat terlibat insiden perobekan dan penginjakan terhadap salah satu poster orang lain.

Sekilas, hal ini nampaknya merupakan kesalahan Ericko, namun nyatanya, hal tersebut dilakukannya semata – mata demi membela temannya yang dibully karena memakai sepatu olahraga non original dan dihadiahi poster tersebut. Naasnya, di video tersebut Reza menulis sebuah komentar yang mengatakan bahwa Ericko tidak berhak untuk membuat Youtube Rewind.

Reza Arap Tutup Channel Youtube, Ericko Lim Berikan Klarifikasi Lewat Video
Percakapan Ericko dan Reza Arap via DM (1).
Reza Arap Tutup Channel Youtube, Ericko Lim Berikan Klarifikasi Lewat Video
Percakapan Ericko dan Reza Arap via DM (2).
Reza Arap Tutup Channel Youtube, Ericko Lim Berikan Klarifikasi Lewat Video
Percakapan Ericko dan Reza Arap via DM (3)

Ericko yang merasa tidak terima dengan perkataan Reza Arap, kemudian mencoba kembali menghubungi Reza Arap melalui Direct Message namun berakhir dengan respon yang kurang baik dari Reza Arap. Ericko pun kemudian menumpahkan kekesalannya lewat lagu yang ia buat sendiri, berjudul “No Sm:(le Zone M.RO” yang diunggah di channel Youtube miliknya.

Melalui video klarifikasi yang ia buat sebelumnya, Ericko mengatakan bahwa ia merasa tidak dihargai, dan sebagai sweet revenge ia merilis lagu tersebut berbarengan pada saat album Reza Arap SM:)LE baru dirilis.

Dan secara mengejutkan, beberapa hari setelah video lagu Ericko tayang di Youtube, Reza kemudian menghapus akun Youtube yang telah mendapatkan jutaan subscriber tersebut. Ericko juga mengatakan bahwa tidak mungkin jika Reza Arap sampai rela menghapus channel Youtube hanya karena lagu bernada sindiran yang dibuat olehnya.

Pertanyaannya, apakah Reza Arap menghapus channel Youtube hanya karena lagu sindiran dari Ericko Lim? Bisa ya, bisa juga tidak. Karena beberapa saat setelah kejadian tersebut terjadi, Deddy Corbuzier juga memberikan pernyataannya lewat video yang ia unggah. Menurut presenter sekaligus teman baik Reza Arap tersebut, penutupan channel Youtube telah menjadi buah pikiran Reza dan telah diceritakan pada Deddy pada 2 bulan lalu, jauh sebelum drama tersebut dimulai.

Menurut Deddy, Reza memang berniat untuk melakukan sesuatu pada channel Youtube-nya, dan menghapus channel adalah salah satu langkah yang memang sudah ia rencanakan. Ia melanjutkan, bahwa Reza saat ini sedang merencanakan sesuatu yang cukup besar kedepannya, yang bahkan Deddy sendiri belum bisa mengungkapkan ke publik apa rencana besar Reza kedepannya.

Baca Juga :  [Hands-On] Phantomgate – Game Mobile Mitologi Nordik yang Cukup Berpotensi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi