[Review] Realme 2 Pro: HP Kencang, Harga Bersaing!

2 weeks ago 0 Comments 564 views

Enggak bisa dipungkiri lagi kalau smartphone murah dengan kualitas “mahal” adalah konsep yang sedang digembar-gemborkan banyak produsen smartphone. Bukan tanpa alasan sih, mereka melakukan hal tersebut tentu saja karena tuntutan pasar yang menginginkan smartphone kualitas tinggi, namun dengan harga yang serendah mungkin (meskipun kenyataannya prinsip “ada harga ada barang” masih jelas berlaku). Menariknya nih, beberapa brand smarphone raksasa mulai membuat sub-brand, dimana mereka menjual smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang terjangkau. Salah satunya? Adalah Realme.

Sub-brand dari Oppo tersebut pertama kali meluncurkan jajaran produknya di India dan kini telah masuk ke Indonesia beberapa bulan lalu. Kami berkesempatan untuk menjajal secara langsung dengan varian teratas brand tersebut, yaitu Realme 2 Pro. Dijual dengan harga 3-4 jutaan, apakah smartphone tersebut bisa diandalkan?

Desain yang enggak berasa murahan

[Review] Realme 2 Pro: HP Kencang, Harga Bersaing!
It’s not glass, it’s plastic…
Secara desain, Realme 2 Pro hadir dengan tampilan yang nggak begitu membosankan dan terkesan elegan. Smartphone tersebut juga terasa enak pada saat digenggam. Agak sedikit berat jika dibandingkan dengan Vivo V11 Pro. Uniknya nih, jika dilihat sekilas Realme 2 Pro nampak menggunakan bahan glass di bagian belakang. Padahal? Mereka sebenarnya menggunakan bahan plastik untuk melapisi cover bagian belakang yang mirip dengan glass. Sedangkan pada bagian pinggir, smartphone tersebut dilapisi bahan polycarbonate.

IMG_6529
tampak depan
IMG_6502
Desain belakang yang terlihat elegan

Kamu juga bakal menemukan tombol power pada bagian kanan dan dua buah tombol volume pada bagian kiri yang enak banget saat ditekan. Sedangkan pada bagian bawah, kamu akan disuguhkan dengan lubang speaker pada bagian kiri, port microUSB 2.0 dan sebuah lubang audio jack pada sebelah kanan. Realme 2 Pro mengadopsi desain yang cukup simpel pada bagian belakang, dimana kamu hanya akan menemukan dua buah kamera beserta lampu flash yang terletak di bagian kiri atas, fingerprint berbentuk bulat dan logo realme pada bagian bawah. Simpel namun elegan.

IMG_6507
Layar Realme Pro 2 cukup enak dipandang
IMG_6510
Desain Dewdrop Full Screen yang tampak keren

Untuk urusan layar, Realme menyematkan layar berjenis IPS LCD 16 juta warna berukuran 6.3 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 pixels rasio 19.5:9 dan dengan kedalaman 409 ppi. Beda dengan smartphone lain yang memiliki “jidat lebar”, pada bagian atas kamu bisa menemukan sebuah kamera dengan desain Dewdrop Full Screen yang tampak menarik. Layarnya sendiri cukup enak untuk dilihat dan bisa memproduksi warna yang memukau. Dilapisi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3, bisa dipastikan smartphone tersebut nggak bakalan mudah lecet, meskipun penggunaan screen protector tetap direkomendasikan.

WhatsApp-Image-2018-12-05-at-5.04.01-PM
Paket penjualan Realme 2 Pro

Tapi tenang aja, karena screen protector sudah langung terpasang pada saat kamu membeli smartphone yang satu ini. Sayangnya sih, kami menemukan adanya sedikit bleeding display di bagian bawah layar pada unit yang kami coba. Kami tidak tahu apakah hal yang sama juga terjadi pada unit Realme 2 Pro lainnya.

OS dan Antarmuka Realme 2 Pro yang terkesan “iOS Banget”

Screenshot_2018-12-05-14-51-46-48
Tampilan home
Screenshot_2018-12-05-14-52-04-58
Notification bar

Kalau kamu adalah salah satu orang yang suka dengan antarmuka yang ditawarkan oleh smarphone Apple, namun terbentur masalah harga yang melambung tinggi, nampaknya Realme 2 Pro bisa menjadi solusi. Memang, 2 Pro menggunakan sistem operasi berbasis Android. Namun ia menggunakan sistem Android yang telah dikustomisasi habis-habisan, yang kemudian diberi nama Color OS. OS tersebut sebenarnya juga bisa kamu temukan di semua smartphone merk Oppo.

Screenshot_2018-12-05-14-52-11-06
Ada fitur AI yang bisa kamu konfigurasi sesuai kebutuhan
Screenshot_2018-12-05-14-53-07-05
Desain antarmuka aplikasi kamera yang kami pikir, sedikit mirip dengan iOS.

Kamu enggak akan menemukan tombol menu pada smartphone ini, karena semua aplikasi akan langsung terjejer di bagian homescreen. Ada beberapa bagian yang bikin kami bilang OS smartphone ini “iOS banget”. Beberapa diantaranya adalah desain UI aplikasi kamera yang mirip banget dengan yang ada di iOS asli. Ada juga sistem AI yang bakal memunculkan aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan di smartphone ini, dan memunculkannya pada halaman homescreen.

Screenshot_2018-12-05-14-52-19-12
Ada juga fitur shortcut yang bakal membantu banget dalam mengoprasikan smartphone

Selain itu juga ada fitur shortcut pada bagian kanan yang akan muncul ketika di swipe dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Menurut kami sih, beberapa fitur ini sangat mengingatkan kami pada sistem yang dimiliki oleh smartphone Apple tersebut.

Seorang penulis yang lumayan update soal film dan video game. Suka penat dengan kemacetan ibu kota. Tempe dan tahu makanan favoritku. Penggemar berat film Wes Anderson dan Christoper Nolan.

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi