Persona 4: Sebuah Mahakarya yang Dirilis 10 Tahun Lalu

4 months ago 0 Comments 3,909 views

Persona 4: Sebuah Mahakarya yang Dirilis 10 Tahun Lalu

Tepat 10 tahun lalu, ada sebuah game JRPG yang dirilis di PS2 ketika konsol tersebut mulai tertutup bayang-bayang generasi konsol berikutnya. Game tersebut adalah Persona 4 yang dirilis oleh Atlus di akhir tahun 2008 lalu. Sebuah game JRPG yang bercerita tentang sekelompok anak SMA dalam perjuangan mereka untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai di sebuah kota pinggiran. Pemain akan berperan sebagai karakter utama yang namanya bisa diisi sesuka hati.

Persona 4

Diceritakan bahwa sang karakter utama harus pindah ke sebuah kota pinggiran daerah pedesaan di Jepang bernama Inaba. Saat tinggal di Inaba selama setahun, sang karakter utama menemukan kekuatan tersembunyi dalam dirinya yang bernama Persona serta dunia lain di balik TV yang misterius tempat seorang pembunuh berantai melaksanakan tindak-tindak kejahatannya. Bersama teman-teman sekolahnya yang juga memiliki kekuatan persona, mereka pun mencoba untuk menguak misteri pembunuhan berantai yang terjadi di kota Inaba.

Persona 4

Uniknya, dalam game ini, kamu tidak akan hanya pergi ke berbagai macam dungeon dan memberantas musuh-musuh di sana. Ingat, karakter yang anda kendalikan adalah murid kelas 2 SMA, dan dia juga punya kehidupan sekolah. Layaknya anak-anak SMA pada umumnya, dalam game ini pemain juga akan merasakan bagaimana rasanya menjadi anak SMA seperti belajar untuk ujian, menekuni ekskul (entah itu di bidang olahraga atau seni), menghadiri festival budaya, mengambil part-time job, hangout bersama teman, atau berpacaran. Mengimbangi aktivitas normal sebagai siswa dan aktivitas abnormal sebagai “detektif” itu lah yang menjadi inti gameplay dari Persona 4.

Keunikan dalam gameplay inilah yang membuat Persona 4 berhasil meraih kesuksesan dari segi kritik dan komersial. Game ini dinilai mampu memperbaiki sekaligus memperbarui gameplay yang ada di Persona 3. Selain itu, karakter-karakter yang memorable serta plot yang cukup matang dan konsisten membuat game ini mampu bersinar saat perilisannya. Tidak berlebihan jika dibilang bahwa berkat Persona 4 lah franchise Persona yang merupakan anak dari franchise Shin Megami Tensei mulai dikenal secara mainstream.

Persona 4

Tidak berhenti sampai disitu, Persona 4 juga mendapatkan versi remasternya yang dinamai Persona 4 Golden untuk konsol PS Vita. Ada juga spinoff nya yang berupa game fighting Persona 4 Arena dan sekuelnya Persona 4 Arena Ultimax, atau Persona 4 Dancing All Night yang merupakan game bergenre Rhythm. Dan jangan lupa dengan berbagai bentuk adaptasinya entah itu anime, manga ataupun Light Novel.

Melihat berbagai fakta di atas, tidak dapat dipungkiri bahwa Persona 4 adalah salah satu game JRPG terbaik yang bisa kita mainkan di PS2. Bahkan, ketika saya menulis artikel ini, saya tergoda untuk menyalakan kembali konsol PS2 saya yang sudah mengoleksi debu dan bernostalgia di kota Inaba. Jika anda belum pernah memainkannya, kapan lagi saat yang tepat untuk memainkan game ini!!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi