Referensi pihak ketiga

Sebelum membaca artikel ini silahkan klik tombol kuning dulu yah untuk mengikuti 🙂

Bumi saat ini memiliki jumlah penduduk sekitar 7,9 Milyar. Beberapa tahun kedepan jumlah penduduk bumi akan mencapai 10 Milyar. Angka ini merupakan angka batas maksimal penduduk bumi. Ilmuwan telah memperkirakan mengapa bumi memiliki batas maksimal jumlah penduduk. Alasan adanya batas maksimal adalah karena beragam kondisi bumi. Berikut adalah beberapa hal yang akan terjadi jika penduduk bumi mencapai 10 milyar.

  1. Butuh tempat seluas dua benua untuk menumbuhkan makanan

Penduduk yang berjumlah 10 milyar membutuhkan setidaknya 2 benua untuk menumbuhkan makanan seperti hewan dan tumbuhan. Luas dua benua tersebut harus seluas benua Afrika dan benua Amerika. Dengan jumlah penduduk sebanyak 10 milyar, sangat sulit untuk menyediakan lahan seluas 2 benua untuk menyediakan bahan makanan.

Referensi pihak ketiga

2. Tanah sudah tidak lagi subur

Tanah di bumi sudah sejak lama digunakan untuk bertani. Beberapa tahun kedepan kualitasnya akan sangat menurun meskipun hujan terus mengguyur tanah. Tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan baik di tanah yang tidak subur, dengan demikian manusia akan kekurangan bahan makanan.

Referensi pihak ketiga

3. Serangan pemanasan global

Jumlah penduduk bumi saat ini sudah menghasilkan pemanasan global yang mengkhawatirkan. Gas emisi karbondioksida terus meningkat setiap tahun. Seandainya jumlah penduduk bumi meningkat sebanyak 3 milyar, pemanasan global benar-benar telah mengancam jiwa penduduk bumi serta bumi itu sendiri.

Referensi pihak ketiga

4. Persediaan air yang menipis

Meskipun sebagian besar wilayah di bumi tertutup air, hanya 30 persen nya saja yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia. Angka 30% tersebut masih harus dikurangi dengan air yang sudah tercemar, kotor dan beracun. Hanya sebagian kecilnya saja yang masih layak dimanfaatkan oleh manusia. Jumlah penduduk bumi yang meningkat akan membuat air bersih menjadi barang mewah.

Referensi pihak ketiga

PBB memperkirakan pada tahun 2050 penduduk bumi akan berjumlah sekitar 9,7 milyar. Pada tahun 2100 jumlah tersebut akan menempati 10 milyar lebih. Dengan segala prediksi yang menakutkan, para penduduk harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang, demi kebaikan anak cucu di masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk download aplikasi UP Station di Google Play dan App Store. Follow akun sosial media kami di:
FacebookUP Station Indonesia
Instagram@upstation.id

Sumber: UC News