Didiskon Terlalu Cepat, Shadow of the Tomb Raider Dibanjiri Review Negatif

2 weeks ago 0 Comments 147 views

 

Petualangan mbak Lara Croft dalam seri Tomb Raider memang selalu dinanti kelanjutannya oleh para gamer. Seri action-adventure klasik ini sempat mewarnai sepak terjang PS1 dan PS2 di tahun-tahun silam. Hingga akhirnya seri ini di reboot dengan nuansa yang lebih realis dan gelap daripada versi klasiknya dengan menampilkan tokoh Lara Croft yang terlihat lebih dewasa di game Tomb Raider rilisan tahun 2013 silam, yang ditangani oleh developer Crystal Dynamics dan publisher Square Enix. Game tersebut pun sukses secara finansial maupun kritik, dan dinobatkan sebagai salah satu game terbaik di tahun 2013.

Didiskon Terlalu Cepat, Shadow of the Tomb Raider Dibanjiri Review Negatif

Versi reboot dari Tomb Raider tersebut pun langsung mendapat 2 sekuelnya, yakni Rise of the Tomb Raider dan Shadow of the Tomb Raider. Khusus untuk Shadow of the Tomb Raider, game tersebut baru saja dirilis pada pertengahan bulan September lalu. Game tersebut mendapat review dan sambutan yang cukup positif dari para gamer dan jurnalis profesional. Walaupun dinilai monoton dan hampir tidak mengenalkan inovasi sama sekali dibandingkan dengan game-game sebelumnya, Shadow of the Tomb Raider masih tetap dinilai mampu memberikan pengalaman bermain yang mantap dan masih bisa memanjakan fans-fans seri tersebut.

Sayang, untuk versi Steamnya, reputasi game ini harus tercoreng karena adanya langkah yang mengherankan dari sang developer. Pasalnya, belum genap sebulan dirilis, versi Steam dari Shadow of the Tomb Raider tiba-tiba mendapat diskon sebesar 47%. Jelas saja, para pemain yang sudah membelinya dan yang sudah melakukan pre-order sebelumnya saat game tersebut belum dirilis merasa sangat dirugikan oleh Square Enix.

Mereka pun meluapkan rasa frustrasi mereka dalam bentuk banjiran review negatif untuk game tersebut, dengan beralasan seandainya mereka tahu game ini akan di diskon tentunya mereka akan menunda untuk membeli game tersebut lebih dahulu. Banjir review negatif tersebut sampai-sampai membuat overall review dari Shadow of the Tomb Raider menjadi mixed dari mostly positive hanya dalam beberapa hari. Walaupun jelas diskon di luar dugaan ini bisa memberi keuntungan bagi Square Enix, tapi jelas memberi kesan yang buruk pada para gamer.

Mungkin hal ini bisa menjadi contoh bagi developer ataupun publisher video game lain untuk lebih memperhatikan kapan harus memberi diskon untuk game mereka.

 

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi