Beberapa Jalur Alternatif Yang Bisa Dilalui Saat Mudik 2018

6 months ago 0 Comments 3,544 views

Beberapa Jalur Alternatif Yang Bisa Dilalui Saat Mudik 2018

Banyak yang menanggapi dan merespon positif dan negatif perihal kebijakan mudik menggunakan transportasi umum, tetapi tidak sedikit pula yang mengabaikannya dan tetap memilih mudik untuk menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun di guyur promosi dan banyaknya program mudik gratis tidak mengurungkan niat pemudik menggunakan kendaraan roda empatnya, alasan lebih fleksibel dalam waktu dan juga akomodasi menjadi alasan utama, lalu bagaimana jika terjadi kepadatan ketika dalam perjalanan mudik 2018 ini?jalur-1

Titik Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Selain pengetahuan akan tarif tol terbaru yang beredar, Anda sekeluarga pun harus mengetahui jalan mana atau jalur mudik alternatif mana saja yang bisa di lewati ketika suatu saat menemui kepadatan yang begitu menyesakkan. Salah satu daerah di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banyumas, menjadi daerah dilalui dua jalur utama mudik, yakni ada Jalur Lintas Selatan (JLS) dan juga Jalur tengah penghubung jalur pantai utara atau pantura dan jalur selatan Jawa, maka tidak heran jika sering terjadi lonjakan serta menjadi titik macet yang cukup parah di jalur mudik lebaran ini.

jalur-2

Peta Lintas Tengah dan Pantura

Adapun beberapa jalur mudik alternatif yang telah disiapkan antara lain jalur Lumbir-Kracak-Ajibarang, dimana jalur ini yang menghubungkan ruas jalan nasional selatan menuju jalur tengah Purwokerto hingga Brebes. Jalur mudik alternatif selanjutnya Pekuncen-Kalisari-Cilongok, Krajan-Krangan, serta jalur Karangsari-Panembangan yang sudah disiapkan untuk memecah kemacetan daerah Pekuncen, Ajibarang hingga ke Purwokerto. Beberapa potensi kepadatan kendaraan diantaranya di simpang tiga Ajibarang ke arah barat hingga Pekuncen, lalu ke arah timur potensi kepadatan hingga Cilongok-Purwokerto, hingga ke arah selatan Wangon.

Mengingat puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-7 hingga H+3 Lebaran, Dishub Banyumas mulai mempersiapkan prasarana jalan raya, diantaranya rambu penunjuk jalan, diharapkan dengan ini mempermudah pemudik untuk memilih rute agar tidak tersesat. Untuk memastikan jalan raya aman dilalui pemudik, Dishub Banyumas akan berkoordinasi dengan Binamarga dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dalam memperbaikan jalur mudik alternatif.

Penting bagi Anda yang akan menggunakan kendaraan pribadi untuk selalu update dengan kendaraan Anda sendiri. Kami menyarankan banyak membaca berita dan membaca beberapa tips ataupun trick jika menemui kendala seperti tips menerobos banjir agar mobil tetap aman, lalu penyebab kelistrikan mobil mati dan cara mengatasinya, dan lain-lain, penuhi informasi seputar mobil di hargamobil.com

You may also like
Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Aplikasi UP Station
telah tersedia sekarang
Buka Artikel
Download Aplikasi